Batita Tambal Gigi

Mempunyai amanah buah hati itu senang-senang gelisah. Senang karena ya melihat anak yang lucu, menggemaskan yang terus tumbuh dan berkembang tiap hari. Sungguh kubahagia. Gelisah karena tanggung jawab tumbuh kembang anak tersebut. Kadang suka was-was, duuuh anakku kok usia segini tapi berat badannya cuma segini. Duuh anakku kok usia segini belum bisa jalan dan segala hal lainnya.

Salah satu hal yang acapkali membuat saya galau adalah terkait gigi anak. Saya udah pernah cerita ya tentang keadaan gigi liloo.

Baca : Anak Wedok Pak Chadarisman Ke Dokter Gigi

Sampai usia dua tahun udah tiga kali liloo ke dokter gigi. Dua kali ke Rumah sakit di Jakarta Timur, sekali di klinik di daerah Jakarta Timur juga. Dan liloo ini tambalannya sungguh gampang sekali lepas. Sekarang usia liloo 2 tahun 8 bulan. Dan untuk kesekian kalinya saya membawa Liloo ke dokter gigi.

Gigi susu perlu ditambal

Kenapa gigi liloo ditambal, padahal giginya adalah gigi susu? Gigi susu kan nanti lepas juga kak, ganti sama gigi dewasa. Saya mencoba mencari referensi kenapa gigi susu perlu ditambal di website IDAI. Tapi tidak menemukannya. Semua ini atas insting saya sebagai ibu. Jadi gini, saya sendiri mempunyai gigi yang tidak bagus. Banyak yang berlubang dan harus ditambal. Saya ingat sekali ketika saya SD, saya sering gak konsen malam hari karena saya sakit gigi 😖 besok ulangan dan malam ini sakit gigi. Gigi susu geraham itu ada yang tanggal di usia anak 12 tahun. Kalau sekarang sudah berlubang, bagaimana sewaktu anak saya SD nanti, kemungkinan besar mengalami sakit seperti saya. Selain itu ada kenalan saya yang gigi susu anaknya tidak diperhatikan hingga kemudian gigi anaknya infeksi, sehingga anaknya demam. Duuuuh. Saat demam tersebut ternyata dalam gusinya ada nanahnya yang mesti dikeluarkan. Makanya saya memilih aman dengan menambal gigi anak saya.

Baca : Kapan Gigi Susu Anak Tanggal?

Penyebab gigi liloo berlubang

Karena liloo memakai media dot sebagai alat minum susunya, mamanya malas menggosok gigi liloo saat kecil, mamanya malas minum kalsium saat hamil. Dih please, jangan ditiru saya ini. Saya selalu merasa berdosa karena saya bukan ibu sempurna buat anak-anak saya. Saya pemalas sekali. Ketika pertama kali Liloo harus karies di usia 1 tahun itu, saya shock, setiap senyum liloo membuat saya sedih. Tapi karena sedih, bukannya saya bawa liloo ke dokter tapi saya malah cenderung menyalahkan diri saya.

Waktu tepat untuk membawa anak ke dokter gigi

Ini berkaitan dengan rasa takut sebagai ibu ya, saya ini sungguh takut liloo kesakitan. Makanya saya gak tega membawa liloo ke dokter gigi. Saya khawatir kalau liloo kenapa napa kalau ke dokter gigi. Sungguh ku lebay. Padahal kan itu demi liloo sendiri. Dan ternyata semakin cepat membawa anak ke dokter gigi itu semakin baik. Seperti segala sesuatu yang membutuhkan kebiasaan ketika masih bayi. Karena sering dibawa ke dokter gigi liloo gak nangis. Untungnya saya membawa liloo ke dokter gigi ketika masih kecil begini. Ketika belum infeksi, karena kemarin ketemu dengan anak usia 8 tahunan. Di giginya infeksi, sehingga harus dicopot, dan anaknya trauma.huhuhu. Setiap ke dokter gigi harus dibujuk.

Membuat liloo gak nangis selama di dokter gigi

Sugesti… jadi dari awal saya kasih lihat buku dia tentang pergi ke dokter gitu, kasih video ke dokter gigi. Saya kasih tahu dia segala sesuatu berkaitan dengan sedihnya kalau gigi gak ditambal dan segala hal lain. Alhamdulillah liloo gak nangis kalau pemeriksaan gigi. Sungguh ternyata aku halu sekali, karena ku bangga.

Gigi liloo yang berlubang dan ditambal

Gigi liloo yang kelihatan berlubang yang bagian depan. Empat gigi seri liloo yang depan berlubang. Habis, gigis bahasa jawanya. Tinggal akarnya. Nah untuk gigi depan seperti ini. Memang perlu estetika ya. Makanya perlu banget milih dokter gigi yang recomended sebelum memutuskan untuk menambal gigi depan. Saya pernah kecewa sekali dengan satu dokter gigi anak yang biayanya lumayan, tapi tambalannya sama sekali gak bagus. Sedangkan gigi geraham liloo juga banyak sekali yang bolong. Sungguh ya aku miris sekali. Hingga kemudian belum ditambal hingga sekarang. Minta doanya diberi keniatan.

Biaya tambal gigi

Biayanya bervariasi ya, beda dokter beda biaya. Tapi dari keempat dokter ini, berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000 per gigi.

Tips merawat gigi susu dari para dokter

👍 minum kalsium ketika hamil

👍 rajin membersihkan gusi anak, jadi anak tidak kapok kalau nanti giginya keluar harus disikat

👍 hindari penggunaan dot

👍 tidak memberi susu saat anak tidur

Yang mana semua tips itu bahkan hingga anak kedua ini tidak bisa kulakukan. 😅😅😅 karena sungguh ya, realita dan kenyataan setelah punya anak ituuu berbeda ya. Susah sekali menerapkan segala teori parenting yang ada. Oh iya mengenai penggunaan kalsium gigi oles pada anak yang beredar sekarang tidak disarankan oleh satu orang dokter gigi senior, tapi dipersilahkan oleh tiga orang dokter gigi.

Sebelum ke dokter gigi

⚡️ buka review dokter gigi anak yang bagus, karena biasanya gigi anak itu bagian gigi serinya yang lebih dulu bermasalah, sayang banget kalau sudah membayar mahal tetapi tambalannya tidak bagus

⚡️ cek dana, karena yaaaelaaah, sekali ke dokter biayanya sama dengan vaksin

⚡️ siapkan pertanyaan

⚡️ ajak ngobrol dokter gigi tentang pentingnya tambal gigi untuk mengedukasi anak

⚡️ sugesti anak

List pertanyaan ke dokter gigi

☄️ kapan anak harus ke dokter gigi?

☄️ penggunaan kalsium gigi perlu tidak?

☄️ kenapa gigi susu harus ditambal?

☄️ gigi anak saya bagaimana?

☄️ penyebab karies itu apa saja?

Dokter gigi spesialis gigi anak

Jadi liloo pergi ke dokter gigi yang spesialis gigi anak. Kenapa begitu? Karena ya saya pikir pasti ada cara-cara tertentu dari dokter tersebut agar anak tidak rewel selama pemeriksaan. Selain itu jaringan gigi susu kan lebih kecil-kecil dibanding gigi dewasa. Maka dari itu saya mempercayakan kepada dokter gigi spesialis anak.

Proses tambal gigi liloo

Jadi ketika duduk di kursi periksa itu, orang tua mangku anak. Kemudian kepala anak ditaruh di sebelah kanan bahu orang tua. Dokter datang menyuruh kumur, memeriksa gigi. Sudaah proses tambal. Untuk 4 gigi liloo kemarin cuma butuh waktu 10 menit. Tapi belum dipoles, karena liloo udah kecapekan. Kata dokternya sih, kalau anaknya kooperatif bisa langsung dilakukan, sayangnya liloo udah capek mangapnya.hehhe

Naaaaah.. karena sebenarnya proses tambal gigi itu sendiri tidak lama, jadi seharusnya tidak perlu takut membawa anak ke dokter gigi. Masih banyak PR saya tentang gigi liloo, tambal geraham, poles gigi seri daaan merutinkan sikat gigi. Astagaaa 🔥🔥🔥🔥🔥

Doakan saya istiqomah yaaaa gengs 😅

Love

Ratnasari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s